Untuk mengawali tahun 2023, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) melalui Task Force Comprehensive Corporate Reporting IAI (TF CCR IAI) menerbitkan publikasi terkait sustainability reporting atau pelaporan keberlanjutan edisi ke-enam. Publikasi ke-enam ini bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan terkait Exposure Draft (ED) IFRS Sustainability Disclosure Standards yang diterbitkan oleh International Sustainability Standards Boards (ISSB).

Publikasi ini memberikan informasi terkait keputusan ISSB atas berbagai tanggapan yang diterima atas ED IFRS Sustainability Disclosure Standards yang diterbitkan pada 31 Maret 2022. ED tersebut merupakan standar pengungkapan terkait keberlanjutan, yang memberikan suatu informasi bagi investor dan pelaku pasar modal tentang risiko dan peluang terkait keberlanjutan perusahaan. Sebagai bentuk kontribusi IAI terhadap sustainability, melalui TF CCR IAI, pada tahun 2022, IAI telah mengirimkan tanggapan tertulis atas ED tersebut.

Setelah memperoleh lebih dari 1.400 tanggapan dari stakeholders di seluruh dunia, termasuk dari IAI, ISSB telah mengambil keputusan sebagai bentuk tindak lanjut atas tanggapan publik yang disampaikan. Secara umum, beberapa keputusan yang diambil oleh ISSB tersebut sejalan dengan mayoritas pendapat dari responden. Salah satu keputusan tersebut adalah terkait dengan pengungkapan informasi emisi gas. ISSB membagi klasifikasi emisi gas menjadi tiga, yakni Scope 1 (emisi yang secara langsung dihasilkan dari sumber daya yang dikendalikan oleh entitas), Scope 2 (emisi yang secara tidak langsung dihasilkan dari konsumsi energi yang dilakukan oleh entitas), dan Scope 3 (emisi yang secara tidak langsung dihasilkan dari aktivitas yang tidak terkait dengan konsumsi energi entitas).

Atas ketiga klasifikasi emisi gas tersebut, ISSB mengonfirmasi untuk memberikan keringanan ketentuan atas pengungkapan Scope 3 yang akan ditentukan kemudian. Keputusan ini sejalan dengan masukan dari TF CCR IAI yang mengamati akan adanya tantangan terkait ketersediaan dan kualitas data jika mengimplementasikan pengungkapan informasi untuk Scope 3. Sebelumnya, TF CCR IAI telah menerbitkan lima edisi publikasi yang menginformasikan mengenai perkembangan terkini atas isu sustainability reporting. Selain menerbitkan publikasi, TF CCR IAI juga aktif melakukan sosialisasi kepada publik melalui Focus Group Discussion (FGD) dan webinar terkait penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) melalui pelaporan keberlanjutan.