Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) adalah organisasi profesi akuntan yang senantiasa mendukung penegakan transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan entitas di Indonesia. Dalam rangka mewujudkan UMKM Indonesia yang maju, mandiri, dan modern, Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI telah mengesahkan Exposure Draft Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (“ED SAK EMKM”) dalam rapatnya pada tanggal 18 Mei 2016. 

 

Dengan disahkannya ED SAK EMKM ini, maka standar akuntansi keuangan di Indonesia nantinya akan menjadi lengkap dengan tiga pilar standar akuntansi keuangan, yakni SAK Umum yang berbasis IFRS, SAK ETAP, dan SAK EMKM. Masing-masing pilar utama tersebut merupakan dukungan infrastruktur dalam konteks standar akuntansi keuangan yang dapat mencerminkan esensi dari entitas dunia usaha di Indonesia, yaitu:

  1. SAK Umum yang berbasis IFRS merupakan standar akiuntansi yang mengatur perlakuan akuntansi untuk transaksi-transaksi yang di lakukan oleh entitas dengan akuntabilitas publik signifikan.
  2. SAK ETAP merupakan standar akuntansi keuangan yang dimaksudkan untuk digunakan oleh entitas tanpa akuntabilitas publik yang signifikan namun menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum bagi penggunanya; dan
  3. ED SAK EMKM yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah.

ED SAK EMKM ini diharapkan dapat membantu sekitar 57,9 juta pelaku UMKM di Indonesia dalam menyusun laporan keuangannya dengan tepat tanpa harus terjebak dalam kerumitan standar akuntansi keuangan yang ada saat ini. ED SAK EMKM ini merupakan standar akuntansi keuangan yang jauh lebih sederhana bila dibandingkan dengan SAK ETAP. Misalnya, dari sisi teknikal, ED SAK EMKM murni menggunakan dasar pengukuran biaya historis sehingga UMKM cukup mencatat aset dan liabilitasnya sebesar biaya perolehannya.

 

Sebagai bagian dari due process penyusunan standar akuntansi keuangan, IAI ingin mengundang Bapak dan Ibu untuk hadir dalam kegiatan Public Hearing, yang dirangkai dengan agenda buka puasa bersama IAI, yang akan dilaksanakan pada:



Hari/Tanggal

:

Kamis, 16 Juni 2016

Waktu

:

14.00 s/d selesai

Tempat

:

Mawar Room Lantai 3, Balai Kartini

Agenda

:

Public Hearing ED SAK EMKM; dan
Buka puasa berswama IAI




IAI juga mengharapkan partisipasi publik untuk memberikan tanggapan secara tertulis atas ED SAK EMKM, dengan dasar dan alasan yang mendukung, sebelum tanggal 23 September 2016. Tanggapan tersebut dapat dikirimkan ke dsak@iaiglobal.or.id

 

Konfirmasi kehadiran Bapak dan Ibu sebagai peserta public hearing dapat dilakukan melalui online laman berikut ini:

 

http://iaiglobal.or.id/v03/public_hearing/detail_ph-1.html

 

Materi Public Hearing dapat Bapak/Ibu unduh pada website Ikatan Akuntan Indonesia, www.iaiglobal.or.id sejak tanggal 7 Juni 2016.

 

Draft ED SAK EMKM

 

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

 

 

Manajemen Eksekutif

Ikatan Akuntan Indonesia

(IAI)