Dewan Standar Profesi Institut Akuntan Publik Indonesia (DSP-IAPI) sebagai penyusun SPAP yang berlaku di Indonesia pada rapat tanggal 22 Februari 2016 telah mengesahkan penerbitan 6 Eksposure Draft (ED) untuk dipublikasikan dan disebarluaskan guna memperoleh masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan. Keenam ED tersebut, adalah:

  1. - ED Standar Perikatan Asurans (SPA) 3000, “Perikatan Asurans Selain Audit atau Reviu atas Informasi Keuangan Historis”, yang diadopsi dari Inteational Standard on Assurance Engagement (ISAE) 3000, “Assurance Engagements Other than Audits or Reviews of Historical Financial Information”. (KLIK DI SINI)
  2. - ED Standar Perikatan Asurans (SPA) 3400, “Pemeriksaan atas Informasi Keuangan Prospektif”, yang diadopsi dari Inteational Standard on Assurance Engagement (ISAE) 3400, “The Examinaton of Prospective Financial Information”. (KLIK DI SINI)
  3. - ED Standar Perikatan Asurans (SPA) 3402, “Laporan Asurans atas Pengendalian pada Organisasi Jasa”, yang diadopsi dari Inteational Standard on Assurance Engagement (ISAE) 3402, “Assurance Reports on Controls at a Service Organization”. (KLIK DI SINI)
  4. - ED Standar Perikatan Asurans (SPA) 3420, “Perikatan Asurans untuk Pelaporan atas Kompilasi Informasi Keuangan Proforma yang Tercantum dalam Prospektus”, yang diadopsi dari Inteational Standard on Assurance Engagement (ISAE) 3420, “Assurance Engagement to Report on the Compilation of Pro Forma Financial Information Included in a Prospectus”. (KLIK DI SINI)
  5. - ED Standar Jasa Terkait (SJT) 4400, “Perikatan untuk Melaksanakan Prosedur yang Disepakati atas Informasi Keuangan”, yang diadopsi dari Inteational Standard on Related Services (ISRS) 4000, “Engagements to Perform Agreed-upon Regarding Financial Information”. (KLIK DI SINI)
  6. - ED Standar Jasa Terkait (SJT) 4410, “Perikatan Kompilasi”, yang diadopsi dari Inteational Standard on Related Services (ISRS) 4410, “Compilation Engagements”. (KLIK DI SINI)

Penerbitan ED ini merupakan rangkaian dalam proses adopsi Handbook of Inteational Quality Control, Auditing, Review, Other Assurance, and Related Services Pronouncements yang diterbitkan oleh Inteational Auditing and Assurance Standards Board (IAASB) ke dalam SPAP untuk pemenuhan salah satu kewajiban IAPI (Statement of Membership Obligation – SMO) sebagai anggota dari Inteational Federation of Accountants (IFAC). ED ini akan melengkapi beberapa standar dari IAASB yang telah diadopsi dan diterbitkan terlebih dahulu dalam SPAP.

Tanggapan tertulis atas exposure draft ini dapat disampaikan ke Sekretariat IAPI Office 8 Building 12th Floor Unit 12I-12J Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28, Senopati Raya, Jakarta Selatan atau melalui email ke info@iapi.or.id atau teknis@iapi.or.id, dan diterima paling lambat pada tanggal 29 April 2016.

Salam,

Divisi Teknis dan Standar (IAPI)